Terpandu Sepanjang Jalan

Kamis, 21 Mei 2015 - 10:05 WIB
Terpandu Sepanjang Jalan
Terpandu Sepanjang Jalan
A A A
MERCEDES-BENZdan Apple bekerja sama membuat navigasi dari pintu ke pintu dengan cara mengolaborasikan Apple Watch dan Mercedes-Benz Companion App.

Navigasi saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang. Ambil contoh apa yang dirasakan warga Bekasi Barat, Ilham, ketika hendak pergi ke Summarecon Digital Center yang ada di kawasan Tangerang Selatan. “Saya mau ketemu teman saya di Aego Premium yang ada di Summarecon Digital Center,” katanya.

Biasanya Ilham menggunakan Waze untuk mencari alamat. Waze menurut dia memang berhasil memberikan rute dari Bekasi Barat ke Summarecon Digital Center. Namun, untuk mencari lokasi toko Aego Premium yang ada di dalam Summarecon Digital Center. Mulai dari arah ke mana kaki melangkah tidak bisa dilakukan oleh Waze.

“Penginnya sih begitu keluar dari mobil, kita enggak perlu tanya-tanya lagi ke securityatau petugas lain ke mana arah yang kita tuju,” harap Ilham. Kebutuhan Ilham seperti inilah yang tengah dibidik Mercedes-Benz dan Apple. Mereka bekerja sama membuat navigasi yang tidak hanya efektif selama berada di kendaraan, tapi juga saat keluar dari dalam kendaraan. Intinya, penunjukan arah tidak akan selesai hingga lokasi yang dituju sampai ke titik yang diinginkan.

Untuk mewujudkan navigasi dari pintu ke pintu tersebut, Mercedes- Benz membuat sebuah aplikasi yang dinamakan MB Companion App. Aplikasi itu dibuat terintegrasi khusus dengan Apple Watch dan iPhone. MB Companion App sendiri bertindak bak sebuah jembatan. Dia menghubungkan antara Apple Watch dan iPhone dengan sistem navigasi Mercedes-Benz COMAND Online yang ada di mobil.

Misalnya, ketika Ilham ingin pergi ke Aego Premium, dia tinggal membuka sistem navigasi yang ada di Apple Wathc atau iPhone. Setelah navigasi ditentukan, dia tinggal melangkah ke mobil Mercedes-Benz dan menyalakan mesin. Begitu mesin menyala dengan otomatis, sistem navigasi berjalan sesuai dengan titik poin yang telah ditentukan lewat Apple Watch atau iPhone. Begitu sampai di lokasi parkir lokasi yang ditentukan dan keluar dari mobil, navigasi tidak akan berhenti.

Sistem navigasi masih berlanjut lewat Apple Watch atau iPhone yang dipegang oleh Ilham. Navigasi akan memandu langkah demi langkah hingga ke tujuan terakhir yang diinginkan oleh Ilham, yakni Aego Premium. Kemudahan sistem navigasi inilah yang membuat Mercedes-Benz percaya diri kerja sama dengan Apple ini akan sangat digemari. Untuk perkenalan, Mercedes-Benz hanya menyediakan sistem navigasi ini pada Mercedes-Benz S-Class dan Mercedes- Benz C-Class terbaru.

Alasannya, baru dua mobil ini saja yang memiliki sistem COMAND Online. Meski demikianm Mercedes- Benz berjanji COMAND Online juga akan tersedia di model-model Mercedes-Benz lainnya. Mereka malah berjanji kegunaan navigasi dari pintu ke pintu ini akan berguna lebih baik lagi. Rencananya mereka menambahkan informasi kapasitas tangki bensin, berikut jarak tempuh yang akan bisa dilalui, jadwal servis mobil, hingga odometer.

Jadi, sebelum Anda beranjak ke dalam mobil, Anda bisa melihat segala informasi yang tersedia di jam tangan berlogo buah apel tersebut.

Wahyu sibarani
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)